Cara Menghubungkan Router Ke LAN Via Winbox

Cara Menghubungkan Router Ke LAN Via Winbox


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Halo semuannya , kembali lagi bersama saya Muhammad Riziq . Kali ini saya akan memberikan materi tentang "Menghubungkan Router ke LAN Via Winbox".

  • Alat dan bahan:
- PC
Hasil gambar untuk pc

- Adapter RB951
Hasil gambar untuk adapter rb951
- Router RB951
Hasil gambar untuk router rb951

- Kabel LAN
Hasil gambar untuk kabel lan

- Aplikasi Winbox
Hasil gambar untuk winbox

- Server

  • Tujuan :
- Agar kalian dapat menghubungkan Router ke LAN Via Wireless

  • Langkah-langkah :

1.      Langkah pertama, kalian harus membuka file lalu setelah itu, kalian mengklik data winbox 2x.


2.       Setelah datanya terbuka, kalian harus mengklik IP yang ada di gambar no 2, sesudah di klik, jika eror maka kalian harus mereset configuration terlebih dahulu, jika sudah di reset maka IP nya akan seperti di no 2 yang ada di gambar. Setelah itu, kalian klik Connect.


3.       Setelah sudah di connect kan , lalu kalian klik IP Adress seperti yang ada di bawah.


4.       Jika sudah di klik nanti akan muncul gambar seperti yang ada di bawah ini, setelah itu kalian klik logo tambah, setelah itu kalian masukan IP Adress kalian sama dengan IP jaringan yang ingin kalian masuki tapi jangan sama dengan IP yang ada di jaringan yang ingin kalian masuki contoh 172.16.0.1 kalian harus mengganti angka yang di belakangnya menjadi 172.16.0.22 .



Setelah itu kalian ganti ethernya sesuai soal yang di beri oleh guru kalian, lalu kalian klik apply 



5.       Setelah kalian klik IP Routes, jika Route Listnya sudah keluar kalian klik lambing tambah, setelah itu masukan IP server, lalu klik apply dan ok.



6.       Setelah itu klik IP DNS lalu, .masukkan IP server jika sudah di masukkan lalu kalian klik kotak kecil seperti yang ada di gambar lalu setelah di klik kalian apply dan ok, bagaimana caranya kita mengetahu jika semua IP yang kita masukan sudah aktif atau valid , bisa kalian lihat di bawah ini yang ada di gambar ada kotak kecil terdapat bendera berwarna hijau maka IP yang kalian masukkin itu valid jika berwarna merah maka invalid.


7. Jika sudah bekerja maka kalian dapat mengujinya atau mengetesnya jika semua IP yang kalian masukan itu bekerja


8.       , maka kalian harus mengklik New Terminal, lalu kalian ketik “ping google.com” lalu kalian enter jika berhasil maka kalian sudah terhubung dengan server seperti gambar yang ada di bawah ini.





Andika Syah Putra
Hii all, my name is Andika Syah Putra, I have experience in the field of computers and network infrastructure, and I am also a content creator at www.portal-it.com besides being a content creator I am also the owner and founder of www.portal-it.com

Related Posts

stats

Subscribe Our Newsletter