Ragam Aplikasi Komunikasi Data

Ragam Aplikasi Komunikasi Data

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu,


Disini saya akan memberitahukan beberapa materi TKJ dalam pelajaran Teknologi Layanan Jaringan (TLJ). Adapun materi yang ingin saya buat mengenai Ragam Komunikasi , sebelumnya kita harus tau apa itu komunikasi ?Komunikasi adalah hubungan 2 orang atau lebih dalam bertukar pikiran atau informasi. Didalam komunikasi terdapat beragam macam. Nah,pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Ragam komunikasi tersebut.


Terdapat 4 ragam komunikasi :

1. Komunikasi Audio
    Adalah suatu alat komunikasi yang dapat di tangkap dengan alat pendengaran.

Macam-macam komunikasi Audio:
  • Audio Streaming (Siaran secara langsung)
  • Audio Visual (Dilengkapi gambar)
  • Audio Response (Suara yang di hasilkan komputer)
  • Audio Oscillator (Digunakan dalam pembuatan film)
  • Audio modem riser (Menggunakan kartu)
Bentuk-bentuk komunikasi Audio:
  • Radio
  • Alat perekam magnetic
  • Piringan hitam 
  • Kaset
  • CD/DVD
  • MP3
  • Audio digital (WAV)
Contoh: Telepon, Radio, dan Tape Recorder


2. Komunikasi Video
    Adalah suatu alat komunikasi yang dapat di tangkap secara visual.Komunikasi memungkinkan seseorang untuk bertemu pada saat bersama tanpa memperdulikan zona waktu , komunikasi video memungkinkan anda untuk melakukan sesuatu tanpa bertemu dengan si received(penerima), anda dapat mengirim dan menyampaikan sebuah informasi kepada siapapun dengan cepat.

Macam-macam Komunkasi Video:
  • Video IP (Video yang dilewatkan melalui IP)
  • Videotex (istilah yang dibuat ITU untuk menjelaskan peralatan TV yang digunakan untuk menampilkan data berbasis komputer , baik lewat telepon atau panel pemancar)
  • Video Out (Sebuah fitur yang ada pada perangkat keras yang bisa menghubungkan kamera ke video in port pada Televisi atau monitor dan menampilkan citra digital dilayar video)
  • Video RAM (VRAM , kemungkinan akses direct hight speed memory melalui sirkuit video)
  • Video Text (Suatu kemampuan untuk mengirimkan dan juga mentransmisikan secara 2 arah dari suatu gambar atau suara)
Bentuk-bentuk komunikasi Video:
  • Gambar/foto
  • Sketsa
  • Diagram
  • Bagan/chart
  • Grafik
Contoh: CCTV


3.Komunikasi Audio-Video
   Adalah suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap oleh penglihatan dan pendengaran (Audio-Visual). Komunikasi ini memiliki kelebihan dan keunggulan karena mencangkup penglihatan dan pendengaran.
Contoh: Televisi,Video Call,Skype,Telecoference

4. Komunikasi Data
    Adalah proses pengiriman komunikasi diantara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching dapat terjadi antara komputer dengan komputer , komputer dengan terminal atau komputer dengan peralatan . Komunikasi data merupakan gabungan dari teknik  pengolahan data.
Contoh: Internetworking pada komputer.

Jenis-jenis komunikasi data:
  • Melalui Infrastruktur Terestrial (kabel/nirkabel)
  • Melalui satelit
Komponen-komponen pada komunikasi data:
  • Pengirim (Transmitter): suatu perangkat yang mengirimkan data
  • Penerima : suatu perangkat yang menerima data
  • Data: Sebuah informasi yang di pindahkan dari pengirim ke penerima
  • Protokol : Sebuah aturan untuk mengatur pengiriman
  • PC/Komputer/Perangkat
5. Media Pengiriman Data

  • Chopper Media
           Adalah media transmisi data yang terbuat dari bahan tembaga. Orang biasanya menyebut dengan nama kabel. Data yang dikirim melalui kabel, bentuknya adalah sinyal-sinyal listrik (tegangan atau arus) digital.Media transmisi data kabel yang dipakai dalam jaringan komputerpun beraneka ragam. Berikut adalah jenis-jenis kabel yang biasa dipakai dalam jaringan komputer.

  • Kabel Koaksial

         Kabel ini sering digunakan sebagai kabel antena TV.Disebut juga sebagai kabel BNC (Bayonet Naur Connector).Kabel ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan pada LAN, karena memiliki perlindungan terhadap derau yang lebih tinggi, murah, dan mampu mengirimkan data dengan kecepatan standar.Ada 4 jenis yaitu:
  1. Thinnet atau RG-58 (10Base2)
     2. Thicknet atau RG-8 (10Base5).
    3. .RG-59
    4.  RG-6

    Ada 3 jenis konektor pada kabel Coaxial, yaitu T konektor, I konektor (socket) dan BNC konektor.- Keuntungan menggunakan kabel koaksial adalah :
               - Murah dan jarak jangkauannya cukup jauh
               - Kekurangannya adalah:
               - susah pada saat instalasi.
               - Untuk saat ini kabel koaksial sudah tidak direkomendasikan lagi intuk instalasi jaringan.
  Twisted-Pair cable
Twisted Pair terdiri dari 2 jenis : 
    
1.Kabel STP (Shielded Twisted Pair)
 Keuntungan menggunakan kabel STP adalah lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik baik dari dari dalam maupun dari luar. Kekurangannya adalah mahal, susah pada saat instalasi (terutama masalah grounding), dan jarak jangkauannya hanya 100m . 2.Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
Keuntungan menggunakan kabel UTP adalah murah dan mudah diinstalasi. Kekurangannya adalah rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik, dan jarak jangkauannya hanya 100m.
Ada beberapa kategori untuk kabel Twisted Pair, yaitu :
 Umumnya menggunakan konduktor padat standar AWG sebanyak 22 atau 24 pin dengan range impedansi yang lebar. Digunakan pada koneksi telepon dan tidak direkomendasikan untuk transmisi data.
Kategori 2 (Cat-2). Range impedansi yang lebar, sering digunakan pada sistem PBX dan sistem Alarm. Transmisi data ISDN menggunakan kabel kategori 2, dengan bandwidth maksimum 1 MBps.
Kategori 3 (Cat-3). Sering disebut kabel voice grade, menggunakan konduktor padat sebanyak 22 atau 24 pin dengan impedansi 100 Ω dan berfungsi hingga 16 MBps. Dapat digunakan untuk jaringan 10BaseT dan Token Ring dengan bandwidth 4 Mbps.
Kategori 4 (Cat-4). Seperti kategori 3 dengan bandwidth 20 MBps, diterapkan pada jaringan Token Ring dengan bandwidth 16 Mbps.
Kategori 5 (Cat-5). Merupakan kabel Twisted Pair terbaik (data grade) dengan bandwidth 100 Mbps dan jangkauan transmisi maksimum 100 m.
Optical Media
Ada tiga jenis kabel fiber optic yang biasanya digunakan, yaitu single mode, multi mode dan plastic optical fiber yang berfungsi sebagai petunjuk cahaya dari ujung kabel ke ujung kabel lainnya. Dari transmitter^ receiver, yang mengubah pulsa elektronik ke cahaya dan sebaliknya, dalam bentuk light-emitting diode ataupun laser. Kabel fiber optic single mode merupakan fiber glass tunggal dengan diameter 8.3 sampai 10 mikrometer, memiliki satu jenis transmisi yang dapat mengantarkan data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi untuk jarak jauh, dan membutuhkan sumber cahaya dengan lebar spektrum yang lebih kecil. Kemampuan kabel jenis single mode dalam mengantarkan transmisi adalah 50 kali lebih cepat dari kabel jenis multimode, karena memiliki core yang lebih kecil sehingga dapat menghilangkan setiap distorsi dan pulsa cahaya yang tumpang tindih.
Kabel fiber optic multimode terbuat dari fiberglass dengan diameter lebih besar, yaitu 50 sampai dengan 100 mikrometer yang dapat mengantarkan data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi untuk jarak menengah. Apabila jarak yang ditempuh lebih dari 3000 kaki, akan terjadi distorsi sinyal pada sisi penerima yang mengakibatkan transmisi data menjadi tidak akurat. Sedang plastic optical’fiber adalah kabel berbasis plastik terbaru yang menjamin tingkat performa yang sama dengan fiber glass dalam jarak pendek dengan biaya yang jauh lebih murah. Saat ini, fiber optic telah digunakan sebagai standar kabel data dalam biding physical layer telekomunikasi atau jaringan, seperti perangkat TV kabel, juga sistem keamanan yang menggunakan Closed Circuit Television (CCTV), dan lain sebagainya Bahan dasar dari optical media adalah kaca dengan ukuran yang sangat kecil (skala mikron).Biasanya dikenal dengan nama fibre optic (serat optic). Data yang dilewatkan pada medium ini dalam bentuk cahaya (laser atau inframerah). Satu buah kabel fibre optic terdiri atas dua fiber, satu berfungsi untuk Transmit (Tx) dan satunya untuk Receive (Rx) sehingga komunikasi dengan fibre optic bisa terjadi dua arah secara bersama-sama (full duplex).

C.Wireless Network Saat ini sudah banyak digunakan jaringan tanpa kabel (wireless network), transmisi data menggunakan sinar infra merah atau gelombang mikro untuk menghantarkan data. Walaupun kedengarannya praktis, namun kendala yang dihadapi disini adalah masalah jarak, bandwidth, dan mahalnya biaya. Namun demikian untuk kebutuhan LAN di dalam gedung, saat ini sudah dikembangkan teknologi wireless untuk Active Hub (Wireless Access Point) dan Wireless LAN Card (pengganti NIC), sehingga bisa mengurangi semrawutnya kabel transmisi data pada jaringan komputer. Wireless Access Point juga bisa digabungkan (up-link) dengan ActiveHub dari jaringan yang sudah ada.

Media transmisi wireless menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi. Biasanya gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 2.4 Ghz dan 5 Ghz. Data-data digital yang dikirim melalui wireless ini akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik ini.
6. Bentuk Sistem Komunikasi

Bentuk Komunikasi data ada dua :

1. Bentuk Sistem Komunikasi Data offline 


yaitu bentuk komunikasi data yang menggunakan terminal serta modem dalam transmisinya, seperti berikut :

System – Terminal – Modem – Modem – Terminal – System

2. Bentuk Sistem Komunikasi Data online

Realtime sistem sebuah pengolahan data transaksi dengan kecepatan tinggi.
– Batch Processing system merupakan teknik pengolahan data terlebih dahulu dan di atur pengelompokannya sesuai dengan kelompok.
– Time sharing sistem adalah suatu teknik pengolahan data yang dimana pemakainya berganti sesuai waktu yang berurutan.
– Distributed Data Processing adalah sistem pengolahan data yang akan dikirim ke setiap penerima.



Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf, semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya.

Wassallamualaikum warahmatullahi wabaratu.

Andika Syah Putra
Hii all, my name is Andika Syah Putra, I have experience in the field of computers and network infrastructure, and I am also a content creator at www.portal-it.com besides being a content creator I am also the owner and founder of www.portal-it.com

Related Posts

stats

Subscribe Our Newsletter