INSTALASI WINDOWS 2012

"Instalasi Windows 2012"

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu πŸ™πŸ™πŸ™πŸ˜‹

Halo semuannya✋,kembali lagi bersama saya Muhammad Riziq😎😎. Kali ini saya akan membahas tentang Langkah-langkah dalam menginstalasi windows 2012😍😍.

Sebelum kita lanjut , kita harus tahu standar untuk menginstal windows server 2012 R2 agar tidak terjadi legger pada saat meng-install windows :

Component
Minimum Requirement
Microsoft Recommended
Processor
1.4 GHz
2 GHz or faster
Memory
512 MB RAM
2 GB RAM or greater
Available Disk Space
32 GB
40 GB or greater
Optical Drive
DVD-ROM Drive
DVD-ROM driver
Display
Super VGA (800x600) monitor
XGA (1024x768) monitor













Nah...Ilmunya nambah nih😁😁
Kalo gitu kita lanjut aja alat dan bahan apa saja yang harus di siapkan.

  • Alat Dan Bahan
- Komputer/laptop
- Virtual Box Versi 4.3.36.
Image result for virtualbox versi 4.3.36.
- Iso Windows Server 2012 R2

Image result for iso windows 2012 r2
  • Langkah-Langkahnya:


1. Langkah pertama, kalian buka aplikasi VirtualBox terlebih dahulu, jika sudah kalian klik New yang ada di tanda panah, setelah itu kalian isi Name VirualBoxnya setelah itu kalian pilih tempat untuk menyimpan data-data selama kalian meng-install windows setelah itu pilih version windows-nya yang Windows 2012, lalu kalian klik next.

2. Jika sudah kalian atur MB nya, lalu klik next.

3. Selanjutnya kalian klik Create a virtual hard disk now, lalu klik Create.

4. Lalu, lanjut kalian klik VDI (VirtualBox Disk Image), lalu klik Next.

5. setelah itu kalian klik Dynamically allocated, lalu klik Next

6. Jika sudah, selanjutnya kalian atur GB menjadi 200 GB, lalu klik Create.

7. Setelah itu jika sudah terbuat, selanjutnya kalian setting terlebih dahulu, jika sudah kalian klik setting selanjutnya kalian klik Network lalu kalian centang yang ada tulisan "Enable Network Adapter", jika sudah kalian atur attached to menjadi "Bridged Adapter", Jika sudah kalian kalian ulangi langkah-langkahnya ke "Adapter 2", jika sudah kalian klik start untuk memulai instalasi windowsnya.



8. selanjutnya, kalian klik sudah saya beri kotak merah lalu kalian masukan file windowsnya.

9. setelah itu kalian ubah seperta yang sudah saya beri tanda kotak merah, jika sudah kalian klik next, setelah itu kalian klik Install.


10. ada 4 pilihan dalam menginstalasi windows server, tetapi untuk instalasi kali ini kita mengunakan Standar Evalution (server core instalation), setelah itu kalian klik next.

11.  Selanjutnya membaca lisensi yang diberikan oleh microsoft dan memberi centang pada i accept the licence term.

12. Lalu kalian pilih type instalasi yang di gunakan dalam hal ini kita pilih custom install karena baru pertama sekali diinstal.

13. Membagi partisi yang akan digunakan dalam alokasi disini total hardisk yang di gunakan sekitar 200 GB, lalu klik new setelah itu kalian bagi 2.

14. Kemudian format drive D yang akan di jadikan tempat penyimpanan data lalu klik New, jika sudah di klik New ,selanjutnya kalian klik apply lalu Next.


15. Selanjutnya proses instalasi sedang berjalan tunggu sampai file instalasi menunjukan 100%.

16. Jika sudah selesai, selanjutnya kalian klik OK untuk membuat password administrator, kemudian isikan password administration. Password Administrator ini yang akan digunakan nantinya diwaktu login dan password harus lebih secury. Password yang digunakan harus ada gabungan simbol, huruf,angka dan fungsion misal Server=2017, setelah password diisikan maka akan muncul tombol pop up dan proses perubahan pertama sekali password sudah di lakukan dengan benar lalu klik "OK".


17. Tampilan setelah login dapat dilihat berbentuk cmd karena kita menginstal dari awal adalah server core dan dia berbentuk text. sampai disini proses instalasi sudah selesai.

18.setelah menginstal berhasil dengan server core, kita akan mencoba mengubah tampilannya dari server core ke GUI. Ubah terlebih dahulu posisi path ke drive C dengan mengetik cd/.

19. Membuat folder terlebih dahulu di drive c dengan nama mountdir sebagai mount point letak direktori untuk pemanggilan index nantinya. Perintahnya sebagai berikut : mkdir mountdir.

20. Langkah selanjutnya adalah mencari no index masing-masing srver core menjadi GUI . Perintah yang harus di masukan adalah: Dism /get-wiminfo /wimfile:D:\sources\install.wim. jangan lupa format terlebih dahulu drive D dengan perintah format d: /q yang artinya memformat drive D dengan quick(cepat).

21. Setelah format drive D di format maka mencari no index masing-masing srver core. perintah yang digunakan: Dism /get-wiminfo /wimfile:D:\sources\install.wim.

22. Untuk image yang ada pada drive D/C (bagaimana kalian menaruh file windows 2012) bisa kita lihat isi filenya dengan memindahkan dari drive C ke D / D ke C lalu melihat isi file apa saja yang ada pada drive D dengan perintahnya : dir:

23. Berikut ini informasi image dari data yang ada pada drive D/C. Terdapat 4 mode index yakni :
- Index 1 : Windows Server 2012 R2 Server Standar Sore
- Index 2 : Windows Server 2012 R2 Server Standar
- Index 3 :Windows Server 2012 R2 Server data center core
- Index 4 : Windows Server 2012 R2 Server data center.

24. Selanjutnya kita mencoba membaca index yang ke dua. Mengubah tampilan instalasi dari core ke GUI . Perintahnya  adalah : Dism /mount-wim /Wimfile:D/E:\sources\install.wom /index:2 /MountDir;C;\mountdir/readonly

25. Tunggu sampai proses deploy image selesai dengan status complate 100%.

26. Setelah proses deploy selesai, langkah selanjutnya adalah menjalankan perintah: powershell pada prompt.

27.Berikutnya mengetikkan perintah untuk aktifkan image berbasis GUI. Perintahnya adalah: Install-WindowsFeature Server-Gui-Mgmt-Infra, Server-Gui-Shell -Restart -Source C/E/D:\mountdir\windows\wimsxs

28. Tunggu proses instalasi ke server Gui , dan ini memakan waktu yang cukup lama sekitar 5 sampai 10 menit. Proses instalasi selesai jika menunjukan 100% kemudian server langsung restart.

29. ketika server restart, maka feature-feature yang ada di sertakan server akan ditambahkan secara otomatis, silahkan tunggu sampai selesai jangan sampai server di matikan.
30. Silahkan tekan CTRL+DEL yang ada pada posisi sebelah kanan keyboard. lalu masukan password yang ada sebelumnya, jika sudah login dengan benar maka kalian sudah bisa mengubah dari tampilan berbasis CLI ke tampilan GUI.



Sekian kurang lebihnya mohon maaf πŸ™πŸ™πŸ™

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu πŸ™πŸ™πŸ˜
Andika Syah Putra
Hii all, my name is Andika Syah Putra, I have experience in the field of computers and network infrastructure, and I am also a content creator at www.portal-it.com besides being a content creator I am also the owner and founder of www.portal-it.com

Related Posts

stats

Subscribe Our Newsletter