-->

Wireless Access Management

Wireless Access Management


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu🙏🙏,

Halo semuannya, kembali lagi bersama saya Muhammad Riziq✌😎. Kali ini kita akan membahas tentang Wireless Access Management, yaitu bagaimana cara kita menjadi AP Side dan Client Side.

Eitsss.... Sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya kita harus tau apa itu Wireless Access Management??👇👇

Wireless Access Management
  • Access List - adalah filter autentikasi sebuah AP (AP side) terhadap client yang terkoneksi
  • Connet List - adalah filter autentikasi sebuah wireless station (client side) terhadap AP mana yang ingin terkoneksi.
  • Rule autentikasi atau filter autentikasi di baca secara terurut dari atas ke bawah seperti halnya sebuah filter firewall sampai request autentikasi mencapai kecocokan.
  • Sangat dimungkinkan untuk memasang beberapa filter untuk mac address yang sama dan juga rule untuk semua mac address
  • Sebuah rule filter mac address bisa diterapkan pada sebuah interface wireless saja atau bisa juga untuk semua interface.
  • jika tidak ada rule yang sesuai maka akan digunakan default policy (default authentication & default forward) dari wireless interface tersebut.
Nah....Ilmunya udah nambah ini, yaudah kalau begitu kita lanjut ke materi berikutnya.


LAB
Mac Address Filtering
  • Salah satu menjadi AP yang lainnya menjadi Station



  • Bahan dan Peralatannya:
- Router RB951
Mikrotik Router Rb951ui-2hnd
- Adapter RB951
Image result for adapter rb951
-Konnector Straight (Kabel)
Image result for kabel lan
-Winbox
Image result for winbox logo


  • Step By Step:
LAB
  • Mac Address Filtering (AP Side)


1. Langkah pertama kalian buka terlebih dahulu Winboxnya, lalu jika sudah kalian klik IP Address-nya setelah itu kalian connect-kan.

2. Selanjutnya kalian klik Wireless, lalu kalian klik wlan1 jika sudah kalian centang jika sudah di centang dan wlan1-nya sudah aktif selanjutnya kalian double klik pada wlan1 tersebut, jika sudah kalian klik Wireless setelah itu kalian pilih Mode-nya menjadi "ap bridge",lalu kalian masukan SSID (nama room/server) "MAC 22, 23, 24" bisa sesuai nomer absen teman kelompok kalian. lalu setelah itu kalian masukan Radio Name-nya ROUTER 22 (kalian bisa bebas masukan nama radio namenya),
setelah itu kalian centang "Default Authenticate dan Default Forward",jika sudah kalian Apply lalu OK.

3. Setelah itu kalian kembali lahi ke-Wireless Tabel, setelah itu kalian klik Registration, lalu kalian lihat apakah Client sudah terhubung ke dalam server yang anda buat.

4.Jika sudah selanjutnya kalian double klik pada Client yang sudah terhubung kedalam server anda, setelah itu kalian klik "Copy to Access List".

5. Selanjutnya kalian kembali lagi ke Interface lalu kalian lihat apakah wlan1 sudah terdapat tanda R(Running) di sebelahnya, jika sudah kalian double klik pada wlan1, setelah itu kalian uncentang pada "Default Authenticate" jika sudah kalian Apply lalu OK.

6. Selanjutnya kalian klik ke IP Address , setelah itu kalian klik tanda + (tambah) , lalu kalian buat IP untuk Router , kalian ganti Address-nya "10.10.10.22/24 dan interface-nya menjadi wlan1, setelah itu kalian klik Apply lalu OK.

7. Selanjutnya kalian klik lagi tanda +(tambah), lalu kalian buat IP untuk PC,kalian ganti Address-nya "172.16.1.22/24" dan interface-nya menjadi ether2, setelah itu kalian klik Apply lalu OK.

8. Guna-nya kalian membuat IP Router dan IP PC yaitu untuk meng-ping pada Client apakah Client benar-benar sudah terhubung, cara meng-pingnya yaitu kalian klik New Terminal lalu kalian ketikan IP Client tersebut contoh "ping 10.10.10.23", jika berhasil maka akan ada tanda seperti yang sudah saya kotak-an merah seperti di bawah ini.

  • Mac Address Filtering (Client Side)
1. Langkah pertama kalian buka aplikasi winbox, lalu kalian klik IP Address jika sudah kalian connect kan.

2.Selanjutnya kalian klik Wireless, lalu kalian klik wlan1-nya setelah itu kalian klik centangnya agar wlan1 dapat aktif, jika sudah aktif kalian double klik pada wlan1, lalu kalian ubah Mode-nya menjadi "station bridge" lalu kalian ubah Radio Name-nya "MAC RIZIQ"(bisa sesuai nama kalian), lalu kalian klik centang pada "Default Authenticate" mengikuti pada AP Side(Server) lalu kalian Scan.

Jika sudah di scan kalian bisa pilih server mana yang ingin kalian masuki contohnya seperti yang di kotak merahi, lalu jika sudah di klik, selanjutnya kalian connect-kan.

3. jika sudah di connect-kan, selanjutnya kalian klik ke "Registration" lalu kalian double klik server yang tadi telah kalian connect-kan, setelah itu kalian klik "Copy to Connect List".

4. jika sudah, selanjutnya kalian lihat di "Connect List", setelah itu kalian doubel klik pada wlan1-nya, jika sudah kalian,lalu kalian masukan "SSID" servernya/nama servernya "MAC 23, 24, 25", jika sudah kalian klik Apply lalu OK.

5. Lalu kalian kembali lagi ke Interfaces, jika sudah kalian lihat di sebelah wlan1-nya apakah sudah ada tanda R (Running).

6. Jika sudah, kemudian kalian buat IP untuk Router, dengan mengklik IP Address List setelah itu kalian klik tanda +(tambah) jika sudah, kalian masukkan Address-nya "10.10.10.22/24", lalu interface-nya wlan1, jika sudah kalian klik Apply lalu OK.

7. Selanjutnya kalian buat IP untuk PC-nya, kalian klik lagi tanda +(tambah) jika sudah, kalian masukkan Address-nya  "172.16.1.22", lalu interface-nya ether2, jika sudah Apply lalu OK.

8. Selanjutnya bisa kalian coba untuk mencoba meng-ping kan nya, dengan cara kalian klik New Terminal lalu kalian masukkan IP Address server-nya dengan mengklik "ping 10.10.10.23", jika sudah nanti akan keluar kalimat seperti di kotak merah bawah ini, jika kalian sudah melihat kalimat itu maka kalian sudah terhubung dengan AP Side(Server).


Mungkin kurang lebihnya mohon maaf,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu🙏🙏

Andika Syah Putra
Hii all, my name is Andika Syah Putra, I have experience in the field of computers and network infrastructure, and I am also a content creator at www.portal-it.com besides being a content creator I am also the owner and founder of www.portal-it.com

Related Posts

Subscribe Our Newsletter