KONFIGURASI PLESK PADA DEBIAN


KONFIGURASI PLESK PADA WINDOWS SERVER 2016
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu!!!

Kembali lagi di blog saya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara untuk menginstall Plesk pada Windows Server 2016,sebelum lanjut ke pembahasan intinya, kalian harus tau apa itu Plesk ?

  • PLESK
Merupakan kompetitor terberat CPanel dalam Control Panel sebuah Website Hosting. Plesk adalah sebuah Control Panel berbasis Linux dan Windows. Sama halnya seperti CPanel, Plesk memiliki kesamaan fitur sebagai Control Panel Website. Namun, Plesk tentunya memiliki keunggulan tersendiri dari control panel yan lain. Bahkan, saingan terberatnya yaitu CPanel.

Adapun perbedaan dari CPanel dan Plesk, Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan Cpanel dan Plesk :

  • User Interface atau Tampilan antar muka

Tampilan antar muka atau lebih dikenal dengan user interface merupakan tampilan utama desain dari sebuah aplikasi maupun website. Dalam hal ini Plesk lebih unggul dibandingkan cPanel. Mengapa hal ini bisa terjadi? Plesk menawarkan UX / UI yang didesain ulang dengan teknologi JavaScript modern. Panel kontrolnya mirip dengan panel admin WordPress. Sehingga hal ini memberikan pengalaman yang bersahabat bagi pengguna dengan tata letak fitur yang mudah ditemukan dan tampilan yang bersih serta rapi.
 

Berbeda dengan Plesk, Di cPanel untuk Linux, setiap item dikelompokkan menjadi beberapa bagian. File, Basis Data, Domain, Email, Metrik, Keamanan, Perangkat Lunak, dan Aplikasi adalah bagian berbeda yang akan Anda lihat di dasbor cPanel Anda.


  • Security atau Keamanan

Keamanan adalah pasti menjadi perhatian utama setiap pengguna hosting website. Platform yang dipilih pengguna harus sepenuhnya aman, dan kedua Control Panel ini menaruh perhatian yang ekstra untuk keamanan. Plesk mendukung banyak ekstensi keamanan seperti Immunity 360, pencegahan intrusi Fail2ban, dan integrasi direktori aktif. Versi gratis dan berbayar tersedia untuk ekstensi ini. Beberapa fitur utama yang menjadi kelebihan dari Plesk yaitu seperti pengawasan keamanan dalam waktu 24 jam, pengguna dapat mengamankan domain dengan mengkonfigurasi DNS dan DNSSEC, dan juga menawarkan Let Encrypt atau Symantec SSL.
 

Fungsi penyembuhan dan pemulihan otomatis untuk menyelesaikan masalah teknis tanpa memerlukan dukungan ahli. Dalam hal keamanan Cpanel memberikan beberapa ekstensi keamanan terkenal yang ditawarkan oleh cPanel termasuk instalasi otomatis sertifikat SSL, penolakan alamat IP dan direktori yang dilindungi kata sandi. Beberapa fitur kunci yang ditawarkan oleh Cpanel adalah Blacklist atau daftar putih IP individual atau seluruh wilayah dan negara, Penyebaran sertifikat SSL ke situs di seluruh jaringan server, dan Memungkinkan integrasi pihak ketiga yang mudah.

  • Pencadangan atau Backup

Kedua platform menawarkan keamanan yang fantastis, tetapi pastinya pelanggan membutuhkan sebuah fitur backup atau pencadangan yang memadai. Kedua Control Panel menawarkan tipe pencadangan yang berbeda. Plesk menawarkan 2 jenis pencadangan yang berbeda yaitu Complete Backup dan Incremental Backup. Complete Backup yang mencakup semua data terlepas dari waktu saat data terakhir diperbarui dan Incremental Backup yang hanya berisi data yang telah berubah sejak cadangan sebelumnya.
 

Fitur utama yang diberikan oleh Plesk adalah Menawarkan keuntungan mencadangkan akun / langganan pengguna individu dan pelanggan dapat mengamankan data sensitif dalam cadangan dengan menggunakan perlindungan kata sandi. Jenis pencadangan yang ditawarkan oleh cPanel berbeda dengan Plesk. cPanel memiliki 3 jenis pencadangan yaitu Compressed, Uncompressed, dan Incremental Backup. Compressed adalah informasi disimpan dalam format terkompresi dan menggunakan lebih sedikit ruang disk. Uncompressed diperuntukkan bagi pelanggan yang membutuhkan lebih banyak ruang disk tetapi berjalan lebih cepat dari yang dikompresi. Incremental Backup ini jenis pencadangan yang menggunakan tautan keras untuk menghemat ruang disk.

  • Price atau harga
Di antara cPanel dan Plesk memiliki paket harga yang berbeda sesuai dengan layanan yang ditawarkan. Plesk sendiri menawarkan 3 paket yang berbeda untuk paket VPS dan Dedicated Server. Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Plesk dari segi penawaran harga adalah Jika pelanggan mengelola lebih dari 20 Server, maka pengguna dapat mendaftarkan diri dalam program mitra, dan diskon ekstra jika pelanggan memilih Paket Tahunan. Dari cPanel sendiri juga menawarkan 3 pilihan paket yang terdiri dari Solo, VPS, dan Dedicated. Salah satu penyedia yang bisa Anda coba adalah dari IDCloudHost yang mana pelanggan diberikan opsi pembayaran selain juga bisa meyesuaikan kebutuhan menurut budget dari tiap pelanggan.


  • ALAT DAN BAHAN
1. VirtualBox
2. File Iso Windows Server 2016
  • Tahap Pengerjaan
Untuk memulai installasi sebelumnya kalian bisa pastikan bawha kalian sudah menginstall DNS Server pada Windows server kalian..

1. Pertama-tama kalian bisa mengunjungi website dari Plesk https://www.plesk.com/, lalu kalian bisa klik tombol Try For Free.
2. Langkah selanjutnya kita akan mendaftarkan diri sesuai dengan data diri kalian. Dan pastikan email yang kalian pake itu masih aktif atau masih di pakai karena nantinya ada notifikasi pesan dari Plesk yang masuk ke email kalian.
3. Llau kalian bisa scroll down dan ceklis serta GET LICENSI KEY
4. Jika sudah muncul seperti gambar yang ada dibawah ini dan tunggu sampe prosesnya selesai nantinya akan ada pesan dari pihak Plesk nya.
5. Jika sudah masuk pesannya, maka nantinya kalian akan ada dua notifikasi pesan yang pertama adalah untuk mengkonfigurasi email kalian dan yang keduan adalah untuk mendownload Plesk nya.
6. Selanjutnya dibawah ini adalah pesan yang kedua kalian pilih download the windows installer.
7. Lalu kalian bisa klik Save File
8. Sekarang kalian ke File Exploler , lalu kita jalankan Plesknya.
9. Jika sudah, maka kalian bisa masuk ke browser , kemudian kita kunjungi http://localhost:8447 , lalu isikan username sama password dari mesin Windows Server kalian masing-masing.
10. Lalu kita klik pada pilihan Install or Upgrade Software.
11. Kemudian kalian ceklis di opsi Plesk, lalu pilih yang Obsidian dan klik pada tombol Continue
12. Lalu tunggu sampai prosesnya selesai ya gaes.
13. Jika sudah selesai, kalian bisa pilih Installation type nya Recommended serta ceklis pada opsi Preview Component Selection ntuk melihat komponen yang akan dipilih, jika suda kita klik Continue.
14. Pada bagian ini kita dapat melihat dan mengatur apa saja yang akan di install, Warna Hijau tandanya telat diinstall, dan Warna Meraqh tidak diinstall dan yang Tanda Seru ada update untuk paket atau kontent tersebut.
Selanjutnya kita scroll down dan klik Continue
15. Kemudian kita isikan password administrator yang akan digunakan oleh Plesk. Plesk secara default akan menyimpan installasi dan data pengguna didalam direktori C:\Program Files(x86\Plesk, dan C:\Inetpub\vhost untuk kontent websites. Klik tombol Continue untuk menginstall Plesk.
16.  Dan kita tunggu sampai proses installasi dan download komponen-komponennya selesai
  • TAHAP VERIFIKASI
1. Setelah sudah selesai proses installasinya maka kita akan melihat di desktop kita sendiri ada Plesk Obsidian. Klik saja Plesk Obsidian tersebut.
2. Maka kalian akan langsung di bawa ke browser dengan alamat http://localhost:8443. Klik pada Tingkat Lanjut lalu Terima Resiko dan Lanjutkan untuk melanjutkan ke halaman login Plesk.
3. Kita akan masuk dengan Username dan Password windows server kalian, lalu pilih bahasa yang akan digunakan. Kemudian klik Log in.
4. Kemudian kalian nantinya akan diminta mengisi beberapa data. Isilah Contact Name dengan Administrator kemudian tentukan Password untuk masuk ke Plesk nantinya. Setelah itu kita klik pada opsi Proceed with a full-featured trial licensi karena kita hanya punya Trial licensi.
5. Selanjutnya kita tunggu prosesnya smapai selesai.
6. Kemudian kita akan masuk ke Plesk, pada tampilan awal kita perlu untuk menambahkan domain yang akan kita gunakan. Klik pada tombol Add Domain untuk menambahkan Domain kita di dalam Plesk.
7. Isikan pada kolom Domain Name dengan domain milik kita , lalu isikan Username dan Password yang akan kalian gunakan.


8. Kemudian kita klik Preview
9. Kemudian kita coba untuk mengunjungi domain kita yang di host oleh Plesk tersebut.
10. Langkah terakhir kita masuk ke menu login Plesk lagi menggunakan domain kita daripada localhost, kunjungu http://bersama.net:8443 ( masukkan domain kalian seperti link di samping ini).
Sampi disini saja Tutorial Installasi Plesk pada Windows Server 2016.

Kurang lebihnya mohon maaf,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu!!! 

Andika Syah Putra
Hii all, my name is Andika Syah Putra, I have experience in the field of computers and network infrastructure, and I am also a content creator at www.portal-it.com besides being a content creator I am also the owner and founder of www.portal-it.com

Related Posts

stats

Subscribe Our Newsletter