-->

Analisis dupont dalam saham

 

Analisis dupont dalam saham
Analisis Dupont, pixabay.com

Pada tahun 1919-an dikembangkan oleh seorang eksekutif keuangan di El. du Pont de Nemours dan Co. DuPont telah dikenal sebagai pengusaha sukses. Dalam bisnisnya, ia memiliki cara sendiri dalam menganalisis laporan keuangannya. DuPont Corporation mempelopori salah satu metode analisis kinerja perusahaan yang sampai dengan saat ini dikenal dengan nama DuPont Analysis.

Pengertian analisis DuPont adalah analisis struktur sistem rasio keuangan yang dirancang untuk menyelidiki faktor-faktor yang menentukan tingkat pengembalian terhadap ekuitas pemegang saham dan pengembalian terhadap aktiva. Analisis ini menjadi penting selain melihat peranan dari faktor-faktor penentu tersebut, analisis ini dapat pula dijadikan strategi untuk meningkatkan kinerja ekuitas serta kinerja aset yang dimiliki investor atau perusahaan.

Keunggulan dan Kelemahan Analisis DuPont System.

Adapun keunggulan analisis DuPont System antara lain (Harahap,1998):

Sebagai salah satu teknik analisis keuangan yang sifatnya menyeluruh dan manajemen bisa mengetahui tingkat efisiensi pendayagunaan aktiva.

Dapat digunakan untuk mengukur profitabilitas masing-masing produk yang dihasilkan oleh perusahaan sehingga diketahui produk mana yang potensial.

Dalam menganalisis laporan keuangan menggunakan pendekatan yang lebih terintegrasi dan menggunakan laporan keuangan sebagai elemen analisisnya.

Kelemahan sistem DuPont adalah:
Dari segi sistem akuntansi, terdapat kesulitan dalam membandingkan rate of return suatu perusahaan dengan perusahaan lain yang sejenis, karena praktik akuntansi yang dilakukan berbeda.

Dari segi fluktuasi, terdapat fluktuasi nilai dari uang (daya beli) dengan demikian sulit untuk menganalisisnya.

Terdapat kesulitan untuk melakukan perbandingan antara dua perusahaan atau lebih yang menghasilkan kesimpulan yang sempurna.

Intinya, analisis DuPont dilakukan dengan memecah Return On Equity (ROE) menjadi beberapa bagian. Mengapa ROE? karena ROE menggambarkan besarnya rate of return yang didapatkan oleh pemegang sahamnya. Dengan memecah perhitungan ROE, kita dapat mengetahui bagaimana suatu bisnis mendapatkan keuntungan. Di samping itu dengan menggunakan analisis ini, pengendalian biaya dapat diukur dan efisiensi perputaran aktiva sebagai akibat turun naiknya penjualan dapat diukur.

Analisis DuPont memberitahu kita bahwa ROE dipengaruhi oleh tiga hal:
Operasi efisiensi, yang diukur dengan net profit margin.

Aset menggunakan efisiensi, yang diukur oleh perputaran total aset.
Leverage Keuangan, yang diukur oleh multiplier ekuitas.





Andika Syah Putra
Hii all, my name is Andika Syah Putra, I have experience in the field of computers and network infrastructure, and I am also a content creator at www.portal-it.com besides being a content creator I am also the owner and founder of www.portal-it.com

Related Posts

Subscribe Our Newsletter