Sejarah Komputer dari masa ke masa

0
Pengertian Komputer
   Komputer adalah alat untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Semula kata komputer ini ditujukan untuk orang yang melakukan pekerjaan aritmatika dengan atau tanpa 
alat bantu. Lalu, arti kata itu dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Walaupun pengolahan informasi hampir keseluruhan tetapi komputer modern digunakan banyak keperluan selain matematika.
    Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang bekerjasama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program 
dan data yang ada. Beberapa komponen komputer yaitu: Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse, dan Printer.
-)Generasi Pertama
    Disebabkan Perang Dunia II, negara-negara yang terlibat mengembangkan komputer. Hal ini mendorong kemajuan komputer menjadi sangat cepat. Pada 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer yang bernama Z3 untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. 
    Pihak Sekutu juga membuat kemajuan lain. Pada 1943, Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang bernama Colossus untuk memecahkan kode Jerman. Dampak pembuatannya 
tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer karena komputer itu didesain hanya untuk memecahkan kode saja dan keberadaan mesin tersebut dirahasiakan hingga satu dekade.
     Usaha lain yang dilakukan oleh Amerika Serikat oleh Howard H. Aiken (1900-1973) berhasil membuat kalkulator elektronik 
untuk US Navy. Kalkulator itu berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 
mil. Mesin itu disebut The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator atau Mark I, adalah komputer relai elek-
tronik. Mesin itu beroperasi dengan lambat dan tidak fleksibel yaitu membutuhkan tiga sampai lima detik untuk setiap perhitungan dan urutan kalkulasi tidak bisa diubah. Kalkulator itu 
dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
    Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator Computer (ENIAC) yang dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Komputer ini terdiri atas 18.000 vakum, 70.000 resistor dan lima juta titik solder. Komputer ini mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980). ENIAC merupakan komputer serbaguna yang bekerja 1000 kali lebih cepat dari MARK I. 
    Pada pertengahan 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dan mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan sebuah memori untuk menampung baik program maupun data.Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah “CPU (unit pemrosesan) yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal”. Pada 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Komputer I) yang 
dibuat oleh Remington Rand menjadi komputer komersial pertama yang berdasarkan arsitektur Von Neumann
   Salah satu hasil yang mengesankan adalah memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden pada 1952.
Ciri-ciri komputer generasi pertama:
1. Instruksi operasi dibuat secara spesifik.
2. Komputer sulit diprogram dan membatasi kecepatannya.
3. Penggunaan tube vakum membuat komputer sangat besar. 
4. Silinder magnetic untuk penyimpanan data.

-)Generasi Kedua
    Pada 1948, penemuan transistor mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer sehingga ukurannya semakin kecil. Transistor di-
gunakan pada 1956 dan pengembangan memori inti-magnetik membuat komputer generasi kedua lebih kecil, lebih cepat, dan lebih dapat diandalkan serta lebih hemat energi. 
     Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi ini adalah super komputer dari IBM (yang bernama Stretch) dan LARC (yang bernama Sprery-Rand). Komputer-komputer ini dikembangkan untuk laboratorium energi atom sehingga terlalu mahal dan kompleks untuk komputasi bis-
nis. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan di Lawrence Radiatons Labs di Livermore, California dan US Navy Research and Development Center di Washington DC. 
   Komputer generasi kedua mengganti bahasa mesin dengan bahasa assembly (singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner). 
     Pada awal 1960-an mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, universitas, dan di pemerin-
tahan. Pada 1965 hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua (1401 komputer) untuk memproses informasi keuangan. 
    Pada saat itu sudah mulai muncul beberapa bahasa pemrograman sehingga memberikan fleksibilitas kepada komputer dan meningkatkan kinerja pengguna bisnis. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan sehingga mulai bermunculan pekerjaan-pekerjaan baru mengenai programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer).

Generasi Ketiga
    Transistor memberikan banyak hal dibandingkan tube vakum namun transistor memberikan panas yang cukup besar sehingga berpotensi merusak bagian internal komputer. Jack Kilby, seorang insinyur dari Texas, Amerika Serikat menggembangkan sirkuit 
integrasi (IC) pada 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen 
elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil terbuat dari pasir kuarsa
    Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen ke dalam chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya komputer semakin kecil dan sistem operasi dapat dengan serentak menjalankan berbagai program yang berbeda dengan program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. 

Generasi Keempat
    Setelah IC, tujuan pengembangan komputer menjadi semakin jelas, yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen komponen elektrik seperti Large Scale Integration yang dapat memuat ratusan dan Very Large Scale Integration yang dapat memuat ribuan, dan Ultra-Large Scale Integration yang memuat jutaan 
dalam sebuah chip. Penurunan ukuran ini menyebabkan turunnya harga, dan naiknya efisiensi, daya kerja, dan keandalan komputer. 
    Pada 1971, Chip Intel 4004 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen sebuah komputer pada 
sebuah chip. Sebelumnya IC dibuat hanya untuk tugas yang spesifik namun tidak lama kemudian sekarang sebuah mikroprosesor dapat diproduksi kemudian diprogram untuk memenuhi kebutuhan 
yang diinginkan seperti microwave dan televisi. Mobil electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor. 
    Pada 1970-an, para perakit komputer menjual kepada khalayak ramai disebut mini-komputer piranti yang paling popular adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1989-an, video game menarik perhatian konsumen seperti Atai 2600.Pada 1981, IBM memperkenalkan Personal Komputer (PC) 
untuk penggunaan rumah, sekolah, dan kantor dengan jumlah dua juta unit pada 1981 menjadi 5,5 juta unit pada 1982, dan 10 tahun kemudian menjadi 65 juta PC yang digunakan. 
Komputer lalu berevolusi dari desktop ke laptop sekarang palmtop.
“IBM PC bersaing dengan Apple Machintosh dalam memperebutkan pasar komputer. 
    Apple Machintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Apple Machintosh juga mempopulerkan piranti mouse.”Pada masa sekarang, IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium I,II,III, dan IV, juga AMD k6, Athlon, dan sebagainya. Ini semua masuk ke dalam golongan komputer generasi keempat. 
   Banyaknya komputer-komputer kecil membuat banyak hal yang bisa dieksplorasi dengan menghubungkan dengan kabel-kabel dalam satu jaringan yang disebut Local Area Network atau LAN atau kabel telepon.

Generasi Kelima
   Generasi kelima masih belum bisa dibuat dengan sempurna karena generasi kelima diharapkan akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !