Pengenalan Komponen Hardisk Beserta Fungsinya

0
Fungsi Harddisk
   Harddisk merupakan memori berkapasitas besar pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan atau membaca data pada komputer. Data yang disimpan tersebut seperti sistem operasi anda (windows, linux), software (browser, office dll) serta data pribadi anda (dokumen, foto, lagu dll).
   Harddisk hadir dengan berbagai macam  ukuran kapasitas yang mampumenyimpan hingga milyaran bytes. Biasanya semakin besar ukuran kapasitas dari sebuah harddisk maka semakin rendah kecepatan RPM-nya (rotate per minute).
   RPM disini mengacu pada kecepatan putar dalam jangka waktu satu menit yang dilakukan oleh salah satu komponen harddisk yang disebut platter. Setiap harddisk memiliki kecepatan putar yang berbeda-beda tergantung pada jenis harddisknya, namun kecepatan yang banyak digunakan saat ini adalah 5.400 rpm. Komponen-komponen pada Harddisk
Harddisk terdiri dari beberapa komponen penyusun sehingga mampu menjalankan 
fungsinya dengan baik. Adapun komponen tersebut diantaranya ialah :
1. Platter
   Platter terbuat dari bahan keras seperti aluminium, kaca atau keramik yang kemudian diselimuti dengan bahan magnetis yang berfungsi untuk menyim-
pan data dikomputer anda. 
   Sebuah harddisk berkapasitas besar biasanya dilengkapi dengan platter yang lebih dari satu, yang disusun bertumpuk di tengah spindle.
2. Spindle
   Spindle merupakan komponen yang berfungsi untuk menahan platter agar tetap berada diposisinya pada saat platter diputar. Selain itu pada spindle juga terdapat motor yang berfungsi untuk memutar platter dengan kecepatan yang tinggi.
3. Read/write head
   Read/write head adalah komponen yang berfungsi untuk membaca, menulis atau 
menghapus data pada platter. Terdapat satu head di tiap sisi platter, satu sisi diatas berfungsi untuk membaca dan satu sisi dibawah untuk menulis. Dalam hal menjalankan fungsinya read/write head ini dibantu dengan actuator arm.
4. Read/write actuator arm
   Read/write actuator arm berperan layaknya sebuah lengan pada jenis pemutar musik yang dulu. Arm ini berfungsi untuk menyesuaikan posisi read/write head sesuai dengan lokasi 
data yang akan tulis pada pattern.

Bagian-Bagian Harddisk
   Harddisk sebenarnya merupakan suatu rangkaian dari beberapa komponen atau bagian yang secara keseluruhan kemudian menjadi satu kesatuan fungsi yaitu sebagai media penyimpanan data. Secara umum dapat digambarkan sebagai berikut.
1. Cover Mounting Holes (Cover not shown)
   Bagian dari harddisk yang berfungsi sebagai lubang tempat sekrup untuk memasang tutup harddisk.
2. BaseCasting
   Bagian dasar dari harddisk untuk meletakkan atau merangkai bagian-bagian harddisk dalam satu kesatuan. Umumnya terbuat dari bahan logam solid yang dicetak 
3. ActuatorArm
   Bagian dari harddisk yang berfungsi sebagai lengan mekanik yang menggerakkan head untuk membaca atau menulis data pada piringan magnetik.     Bahan yang biasanya dipakai adalah lempengan logam yang kuat tapi sangat ringan sehingga mudah untuk digerakkan.
4. Actuator Axis
   Bagian dari harddisk yang berfungsi sebagai poros pergerakan lengan mekanik
5. Actuator
   Bagian dari harddisk berupa blok logam yang bersifat magnetik yang di dalamnya terdapat motor penggerak lenganmekanik.
6. Spindle
Bagian dari harddisk yang berfungsi sebagai mesin pemutar piringan saat harddisk beroperasi. Apabila tutup spindle dibuka akan tampak kumparan di dalamnya berupa beberapa lilitan kabel melingkar yang memberikan sifat magnetik.
7. Slider (and Head)
   Bagian dari harddisk yang berfungsi untuk membaca dan menulis data pada piringan magnetik.
8. SCSI Interface Connector, (ATA/IDE)
   Bagian dari harddisk yang berfungsi sebagai konektor untuk menghubungkan harddisk dengan motherboard
9. Jumper Pins
   Bagian dari harddisk berupa rangkaian pin logam yang memiliki fungsi sebagai tempat pengaturanposisi pembacaan harddisk pada komputer
10. Jumper
   Bagian dari harddisk yang memiliki fungsi sebagai pengatur hubungan antar pin
11. Power Connector
   Bagian dari harddisk yang berfungsi sebagai penghubung sumber arus listrik ke harddisk.
12. Tape Seal
   Bagian dari harddisk berupa pita segel yang berfungsi sebagai pelindung jaminan dari kerusakan
13. Ribbon Cable (Attaches Heads to Logic board)
   Bagian dari harddisk berupa kabel tipis yang menghubungkan head ke papan logic berupa rangkaian elektronik dibagian bawah harddisk
14. Platters
   Bagian dari harddisk berupa piringan yang biasanya terbuat dari bahan logam atau sejenisnya dan bersifat magnetik. Bahan yang digunakan sebagai media penyimpan adalah iron oxide dan thin film. Media thin film untuk saat ini lebih banyak digunakan karena merupakan media yang dapat menyimpan lebih banyak data dari pada iron oxide pada luas media yang sama dan juga sifatnya yang lebih awet.
15. Case Mounting Holes
   Bagian dari harddisk berupa lubang tempat sekrup untuk pemasangan pada komputer.
16. Circuit Board
   Bagian dari harddisk berupa papan rangkaian elektronik untuk mengoperasikan harddisk.

   Harddisk Tidak Dapat Dikenali Permasalahan yang terjadi. Setelah dipakai selama beberapa bulan, mendadak sebuah harddisk tidak dapat digunakan, Saat komputer melakukan boot muncul pesan yang bertuliskan Harddisk Failure dan tidak dapat di akses. Komputer aktif tetapi di monotor tidak muncul tampilan dan lampu monitomya berkedip-kedip. 
Solusi: 
Permasalahan harddisk tersebut dapat saja di sebabkan macam-macam hal seperti rusaknya sirkuit elektrik di board harddisk, motor penggerak head macet, atau cacat fisik lainnya.

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !