Cara Mudah Memperbarui Linux Ubuntu Di Desktop

Cara Memperbarui Ubuntu di Desktop
   Butuh software Ubuntu terbaru dan terbaik? Kamu tidak perlu menjadi pro Linux. Baca terus untuk mengetahui cara memperbarui Linux Ubuntu Klasik, rasa Ubuntu resmi, atau hampir semua distro berbasis Ubuntu.

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pembaruan
   Ubuntu dan sebagian besar turunannya menawarkan dua metode untuk memperbarui: alat antarmuka baris perintah / command-line interface tool (APT) bagi mereka yang tidak keberatan menggunakan terminal, dan aplikasi bernama Software Updater  bagi mereka yang lebih menyukai pengalaman desktop yang nyaman. Pembaruan Perangkat Lunak sebenarnya menggunakan APT di latar belakang, mengelolanya untuk kamu sehingga kamu tidak perlu mengingat perintah apa pun.

 Beberapa distro berbasis Ubuntu memiliki aplikasi yang berbeda tetapi mirip dengan Pembaruan Perangkat Lunak, seperti Linux Mint‘s Update Manager. Lainnya memungkinkan kamu untuk memperbarui melalui browser aplikasi, seperti AppStore OS Elementary.

 Namun, perlu diingat bahwa metode pembaruan ini hanya memutakhirkan paket yang kamu instal melalui repositori yang diaktifkan Ubuntu. Itu berarti bahwa jika Kamu mengunduh dan menginstal aplikasi dari situs web, itu tidak akan diperbarui. Aplikasi mungkin memiliki prosedur pembaruan bawaannya sendiri, atau mungkin perlu mengunduh lagi dan menginstal versi terbaru.

Cara Memperbarui Ubuntu di Desktop

Kamu dapat mulai memperbarui Ubuntu di desktop dengan membuka Software Updater. Klik tombol "Show Applications" (sembilan kotak membentuk persegi), atau tekan tombol Super.

Dengan menu aplikasi terbuka, mulailah mengetik "Software Updater." Kamu akan melihatnya muncul di daftar aplikasi. Klik untuk meluncurkan Software Updater.

Software Updater pertama-tama akan mencari pembaruan yang tersedia, kemudian menunjukkan kepada kamh daftarnya dengan kotak centang yang dapat kamj hapus centangnya jika Kamu tidak menginginkannya. Jika kamj ingin memperbarui semuanya, kamu bisa mencentang semua.

 Klik "Instal Now" setelah kamu puas dengan pilihannya.

Kamu akan dimintai kata sandi untuk tujuan otentikasi. Ketik dan tekan Enter.
Setelah kamu diautentikasi, instalasi akan dimulai.
Ini dapat memakan waktu yang cukup lama, dan Kamu mungkin diminta untuk me-reboot komputer kamu setelah selesai melakukan update. Setelah itu, Kamu bisa menggunakan PC dengan tampilan baru Ubuntu.

Cara Memperbarui Ubuntu di Terminal

Buka terminal dan masukkan perintah berikut untuk memeriksa pembaruan.

sudo apt update

Kamu akan diminta untuk mengonfirmasi kata sandi akunmu. Ketik dan tekan Enter.

Setelah APT memeriksa semua repositori Kamu, itu akan memberi tahu kamu berapa banyak peningkatan paket yang tersedia. Jika ada setidaknya satu, kamu dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Lewati perintah berikut untuk mulai memutakhirkan paket.

sudo apt upgrade

Kamu akan mendapatkan pembacaan semua pembaruan paket yang tersedia diikuti dengan permintaan untuk mengonfirmasi bahwa kamu ingin menerapkan pembaruan. Ketik y dan tekan Enter untuk mengonfirmasi atau gunakan n untuk membatalkan.
Jika Kamu hanya ingin memutakhirkan paket tertentu, gunakan perintah di bawah ini, ganti nama_paket dengan nama paket yang akan diperbarui.

sudo apt install --only-upgrade package_name

Ingin skrip seperti pro Linux? Kamu dapat mengotomatiskan seluruh proses peningkatan sistem lengkap hanya dalam satu Barus perintah.

sudo apt update && sudo apt upgrade -y

Menempatkan && di antara perintah menunjukkan bahwa Kamu ingin perintah kedua dikeluarkan segera setelah yang pertama selesai, dan tanda -y berarti Kamu ingin menjawab ya pada prompt konfirmasi saat perintah itu tiba.

Lebih baru Lebih lama