9 Tips dan Trik Jitu Canva Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Terjun Kedunia Editor

Kekuatan terbesar Canva adalah kesederhanaan antarmuka dan opsi pilihan. Kemudahan yang memungkinkan Kamu membuat poster atau template dalam beberapa langkah sederhana. Namun, alat desain populer ini memiliki lebih dari sekadar mengkompilasi banyak elemen ke dalam template dan cerita. Canva memiliki banyak Tool praktis yang dapat membuat desain grafis mudah dan nyaman dalam jangka panjang.

Jadi, jika kamu ingin memaksimalkan kemampuan Canva, berikut beberapa tips dan trik untuk membantu kamu.


1. Objek Tumpang Tindih
Merancang template dasar membutuhkan banyak elemen, baik itu bentuk sederhana atau kumpulan elemen seperti clip art yang rumit. Dan kunci untuk setiap template yang dirancang dengan baik adalah layering. Untungnya, Canva memungkinkan kamu mengatur lapisan dengan mudah dengan beberapa klik.

 Setelah semua elemen dan objek berada di tempatnya, klik kanan pada objek tertentu dan pilih Send Backwards atau Bring Forward untuk mengubah lokasinya. Hal baiknya adalah kamu juga dapat merawatnya melalui pintasan keyboard ( shortcut keyboard).

2. Crop Image menjadi Shapes
Kemampuan untuk memotong gambar menjadi bentuk mungkin merupakan salah satu fitur Canva yang paling berguna. Dari cerita Instagram hingga kartu pos, terapkan trik sederhana ini dalam beberapa hal. Kamu hanya perlu memastikan bahwa bentuknya tersedia di Canva.
Untuk memulai, unggah gambar yang ingin Kamu potong ke Canva. Selanjutnya, pilih Elemen dari panel kanan dan klik opsi Lihat Semua / see all di sebelah Bingkai.
Setelah Kamu memilih bingkai, kembali ke Unggahan dan seret gambar baru ke bingkai untuk memotongnya. Sederhana bukan?
Untuk menyesuaikan ukuran gambar, klik dua kali pada gambar di dalam bingkai. Sekarang, seret salah satu dari empat titik putih untuk menyesuaikan ukuran gambar.

3. Membuat Animasi GIF 
Seperti disebutkan sebelumnya, Canva bukan hanya tentang mendesain template atau Instagram Stories. Tools yang rapi ini juga memungkinkan kamj bermain-main dengan animasi. Kamu dapat membuat animasi atau GIF kecil dan konyol dalam beberapa klik.

 Misalnya, jika kamj membuat cerita Instagram, kamj dapat menambahkan bingkai animasi. Untuk melakukannya, klik untuk memilih elemen yang ingin kamu animasikan dan pilih Animasikan dari pita atas.
Setelah selesai, pilih salah satu Animasi Halaman dari panel kanan seperti yang ditunjukkan di atas. Kamu juga dapat menganimasikan elemen halaman lainnya. Setelah selesai, klik ikon Play di bagian atas untuk melihat gambar lengkapnya.

 File animasi hanya dapat diunduh dalam format MP4.

4. Menyesuaikan Transparansi Gambar
Tingkat transparansi suatu objek atau gambar adalah kunci untuk mendesain template yang berkualitas. Untungnya, versi web Canva memungkinkan kamu mengubah transparansi gambar dengan cukup mudah.

 Pilih objek atau elemen, dan klik ikon kotak-kotak kecil di sudut kanan atas.
Sekarang yang perlu Kamu lakukan adalah menyeret slider sesuai preferensi Yang kamu inginkan.

5. Membuat Filter Kustom
Canva hadir dengan banyak preset untuk mengedit gambar. Namun, jika Kamu tidak menyukai filter yang sudah jadi, kamu dapat menyetel gambar sesuai keinginan. Dan ini dimungkinkan oleh Tool Adjust. Bagian baiknya adalah kamu juga dapat menyimpan pengaturan filter untuk menggunakannya di proyek mendatang.

 Jadi pada saat kamu menyetel gambar, salin dan simpan kode Filter seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
Kapan pun Kamu menginginkan pengaturan filter yang sama pada gambar baru, buka panel Sesuaikan dan tempelkan kode Filter di bagian bawah. Gambar akan segera berubah. Keren, kan?

6. Mengunci Elemen yang Berantakan
Lock Tool sangat berguna saat kamu bekerja dengan banyak elemen. Sesuai namanya, ini memungkinkan kamu untuk mengunci posisi beberapa elemen yang dipilih. Dengan cara ini, kamu dapat melanjutkan mendesain tanpa mengganggu modul yang sudah selesai.
  Untuk melakukannya, pilih satu elemen, klik ikon Kunci kecil di pita atas, dan selesai!.

Itu akan mengunci posisi grup. Kamu akan bebas untuk melanjutkan dengan modifikasi lainnya. Setelah desain selesai, klik lagi pada ikon untuk membukanya.

7. Menambahkan Hyperlink
Canva bukan hanya tentang berurusan dengan gambar JPEG atau PNG. Alat desain grafis ini juga memungkinkan Kamu mengunduh templat dan desain sebagai file PDF. Dan itu tidak berhenti di situ. Pertama, kamu dapat menautkan elemen halaman (teks atau clip art) ke situs web eksternal.

 Untuk melakukannya, pilih objek yang ingin kamj tautkan, klik ikon Tautan di sudut kanan atas, dan masukkan URL situs.

Sekarang, Kamj harus memastikan untuk mengunduh desain dalam format PDF.

8. Mengelola Halaman dengan Mudah
Salah satu keunggulan utama alat web Canva adalah alat ini memungkinkan kamu membuat banyak halaman untuk satu proyek. Namun, menyortir semua halaman bisa jadi sulit dan memakan waktu. Ikon pengelola Halaman yang bagus di bagian bawah akan menanganinya.

 Untuk melihat semua halaman kamu sekaligus, klik ikon Halaman di pita bawah.
Selanjutnya, pilih halaman yang ingin kamu kunjungi kembali dan kemudian klik dua kali di atasnya
9. Mengetahui Shortcut key
Mereka mengatakan bahwa tidak ada jalan kembali ketika Kamj terbiasa dengan pintasan keyboard, dan memang demikian. Pintasan tidak hanya memudahkan pekerjaan, tetapi juga menghemat banyak waktu. Hal yang baik tentang Canva adalah ia mengemas pintasan keyboard dan pintasan konvensional.

 Misalnya, kamu tidak perlu melihat semua karangan bunga di perpustakaan Canva jika Kamu hanya menginginkan karangan bunga merah untuk kartu bertema Natal. Cukup masukkan 'merah + karangan bunga' di kotak pencarian untuk mendapatkan hasil pencarian untuk menambahkan elemen bertema Natal.
Dengan cara yang sama, jika kamu ingin mengecualikan semua karangan bunga merah, Kamu cukup menambahkan penyebut Minus ke kueri penelusuran.

 Selain di atas, Canva juga mendukung beberapa pintasan keyboard selain kombinasi Ctrl+C dan Ctrl+V biasa.

Untuk mengubah ukuran gambar secara proporsional
tekan Alt saat mengubah ukuran.
Untuk menduplikasi objek
Select objek dan tekan Alt + D
Mengirim elemen ke depan
 Select dan tekan Ctrl + ]
Mengirim elemen mundur
Select dan tekan Ctrl + [
•Untuk mengelompokkan beberapa objek
 Select All dan tekan Ctrl + G.
Lebih baru Lebih lama