Tutorial instalasi Laravel di Debian

   Sebelum lanjut ke tutorialnya kamu sudah tahu belum laravel itu apa ? Untuk yang belum tau. Jadi, Laravel adalah web application framework open source yang memiliki syntaxt yang ekspresif dan elegan. Ini adalah salah satu framework PHP paling populer di dunia, dan sangat bagus untuk pengembang / developer yang ingin membangun aplikasi web modern berbasis laravel.
   Jadi, sudah tau kan ? Apa itu laravel ? Kalau sudah tau  maka, kamu disini akan mengetahui bagaimana cara menginstal Laravel di Debian 11 / Debian 10.

1.INSTALL PHP
Laravel membutuhkan PHP versi 7.3 atau yang lebih baru. Karena Debian 11 dan Debian 10 masing-masing hadir dengan PHP 7.4 dan PHP 7.3.

 sudo apt update

Instal PHP dan beberapa ekstensi yang dibutuhkan dengan perintah di bawah ini.

 sudo apt install -y php-common php-cli php-gd php-mysql php-curl php-intl php-mbstring php-bcmath php-imap php-xml php-zip

Check versi PHP setelah instalasi PHP selesai.
 php -v
Output: PHP 7.4.21 (cli) (built: Jul 2 2021 03:59:48) ( NTS )

2.INSTALL PHP COMPOSER
COMPOSER adalah dependency manager untuk PHP. Ini akan membantu kamu mengunduh dan menginstal Laravel dengan komponen yang diperlukan untuk pengembangan project yang akan kamu buat.

 Kamu dapat menginstal composer secara lokal, pada direktori project, atau secara global pada direktori $PATH (misalnya /bin atau /usr/bin).

wget -qO - https://getcomposer.org/installer | sudo php -- --install-dir=/usr/local/bin/ --filename=composer

Check Version Composer
composer --version
Output:Composer version 2.1.6 2021-08-19 17:11:08

3.INSTALL LARAVEL
Karena kamu sudah memiliki PHP Composer di sistem yang kamu miliki, sekarang kamu dapat dengan mudah membuat project Laravel menggunakan perintah di bawah ini.

composer create-project laravel/laravel my_example_app

Setelah project dibuat, buka direktori proyek.

cd my_example_app

Dan kemudian, mulai hidupkan localhost  Laravel menggunakan perintah PHP Artisan CLI.

php artisan serve

Jika succes kamu akan mendapatkan pesan: Starting Laravel development server: http://127.0.0.1:8000

Secara default, Laravel akan mendengarkan di localhost dengan port 8000. Jika kamu mau, kamu dapat menggunakan opsi --host <ip_address> dan --port <port_number> untuk mengubah alamat dan port Laravel.

 Sekarang Kamu dapat membuka browser dan mengakses server Laravel dengan alamat IP dan nomor port yang ditampilkan di output perintah sebelumnya. Kamu akan mendapatkan halaman web di bawah ini.
Lebih baru Lebih lama